Aromaterapi Lavender Tingkatkan Konsentrasi Belajar

Aromaterapi lavender dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar siswa, karena berfungsi mendorong kinerja kognitif seseorang, kata peneliti dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Barii Hafidh Pramono.

Menurut Barii di Yogyakarta, Sabtu, aromaterapi lavender atau terapi menggunakan minyak atsiri bunga lavender dapat memengaruhi suasana hati menjadi tenang, meningkatkan kewaspadaan, kemampuan berkonsentrasi, dan menurunkan kecemasan seseorang.

Ia mengatakan aromaterapi lavender mampu meningkatkan aktivitas gelombang alfa yang merupakan penanda seseorang dalam keadaan tenang, dapat merangsang otak, dan membangun konsentrasi.

“Teknik penerapan aromaterapi dapat dilakukan pada proses belajar baik di rumah maupun sekolah. Hal itu dilakukan agar dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan menurunkan kecemasan siswa ketika menghadapi ujian nasional,” katanya.

Ia mengatakan, teknik aplikasi aromaterapi lavender salah satunya dengan menggunakan empat pot bunga lavender yang diletakkan di setiap sudut kelas maupun lingkungan rumah atau kamar siswa.

Selain itu, katanya, bisa dilakukan dengan teknik penguapan maupun sistem pengharum ruangan yang saat ini sedang tren digunakan, yaitu pengharum ruangan otomatis yang bisa ditempatkan di ruangan.

“Bau-bauan tersebut akan ditangkap syaraf pembau diteruskan syaraf pusat kemudian timbul perasaan tenang sehingga siswa dapat belajar dengan tenang dan lebih berkonsentrasi,” katanya.

Menurut dia, aromaterapi dapat diterapkan di masyarakat baik di lingkungan keluarga maupun sekolah sehingga siswa dapat belajar dengan tenang dan lebih konsentrasi.

“Konsentrasi belajar akan membuat siswa lebih siap menghadapi ujian dan tidak cemas sehingga jumlah siswa tidak lulus ujian dapat berkurang,” katanya.

Ia mengatakan kalangan masyarakat kini bisa mencoba menerapkan aromaterapi lavender yang menggunakan minyak atsiri bunga lavender untuk menenangkan pikiran.

 

Bunga berwarna ungu muda yang cerah nan ceria, dikenal sebagai aroma yang menimbulkan rasa rileks dan kenyamanan bagi tubuh, serta mengusir nyamuk nakal yang mengganggu tidur Anda. Tapi tahukah Anda bahwa bunga lavender ini juga bisa dikonsumsi?

Tak banyak yang tahu soal khasiat lavender yang satu ini. Namun lavender telah dikenal beberapa orang sebagai resep tambahan dalam membuat kue, roti dan teh.

Walaupun tidak sepopuler teh hijau dan beberapa jenis teh lainnya, namun khasiat relaksasi lavender ini memang luar biasa.

Keharumannya dapat dirasakan di setiap seduhan, menimbulkan perasaan rileks dan nyaman. Dengan mengonsumsi teh bunga lavender ini maka Anda dapat sedikit mengurangi kepenatan akibat stres pekerjaan, meringankan sakit kepala dan meredakan nyeri sakit perut.

Seperti teh lainnya, teh lavender dibuat dengan mengeringkan kuncup bunga dan diseduh dengan campuran daun mint ataupun teh hijau. Untuk Anda yang ingin rasa yang berbeda, susu, gula dan lemon bisa ditambahkan agar rasanya lebih istimewa.

Teh lavender selain memiliki keunikan pada aroma, juga sangat unik pada warnanya. Pada umumnya teh akan berwarna kemerahan, namun teh lavender ini berwarna biru muda.

Yang jelas pastikan Anda mengonsumsi teh lavender yang aman dan telah dikenal di pasaran untuk menikmati khasiatnya dengan aman.

About wismasarjana

Looks at my url
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s